Sabtu, 27 Maret 2010

DonAt Kentang Isi KismiS ??

Asal mula ide waktu diajak Ukh A** ke rumah temennya Ukh R**** di Colomadu. Bukan hanya sekedar ketemuan tapi juga ada acara bikin donat bareng nya juga. Alhamdulillah dari pertemuan itu didapatkan ilmu baru, jadi tahu gimana caranya bikin donat. Wah....jadi tak sabar mau nyoba bikin di rumah.

Menyabotase dapur dari pagi sampai siang, akhirnya jadi juga, this is it, Donat Kentang isi Kismis ala MendadakChef(*hhe).

BAHAN :

1. Tepung 1 bungkus cukup

2. Telur dan Kentang

3. Meises,fermipan, kismis, dan margarin

4. Gula dan Garam

5. Air secukupnya

PROSEDUR :

1. Merebus Kentang, mengupas, dan menumbuknya.


2. Mencairkan Margarin (dipanaskan).

3. Mencampur tepung, telur, garam, gula, lelehan margarin yang sudah dingin, fermipan, dan kentang.

4. Dilangkah inilah kekuatan paling di butuhkan, kalo perlu, banting adonan hingga bener2 tercampur dan tidak lengket di tangan dan yang penting bisa dibentuk.

5. Menuangkan kismis secukupnya kedalam adonan lalu bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan donat.

6. Adonan siap di goreng, jangan lupa menggunakan api kecil saja, karena donatnya gampang gosong.

7. Setelah selesai, ditunggu beberapa saat hingga agak dingin donatny, baru di olesi dengan margarin, setelah itu bisa ditaburi meises.

8. Donat Kentang isi kismis siap dihidangkan. Donatnya rasa bingung. Manis meisesnya . pahit kismisnya. Persis seperti menjalani hidup. Tak selalu manis. Tak selalu pahit.

Bikin donat ternyata juga mudah, pintar2 saja ngukur takaran masing2 bahan. Kalo kurang manis,perbanyak saja meises nya. Syukron buat kakak yang minjemin HP buat foto cara kerjanya, maap , hape nya kena tepung,hhe . Syukron juga buat Ukh A** dan R**** yang udah ngajarin bikin Donat, ditunggu lagi resep2 lainnya ^^...

Para pembaca, selamat mencoba, semoga manfaat, jangan lupa anter ke rumahq ya kalo udah jadi!!! : )) ....

1 komentar:

jac mengatakan...

bonjour

Posting Komentar