Selasa, 27 Juli 2010

CupCake Mahkota Strawberry

Sore itu kepulanganku disambut hangat oleh Bapak tercinta yang juga baru pulang dari daerah tawangmangu. Tak aneh kalau di meja, aku temui sepiring buah strawberry. Tiba-tiba "sense of Chef"ku menemukan suatu ide, bagaimana mengolah Strawberry itu menjadi kue sederhana. Aku mulai dengan pencarian ide di dunia maya, tanganku mulai mengetik di kolom pencarian "kue sederhana tanpa oven", mengingat dapur sederhanaku tak memiliki fasilitas oven, hihi. Akhirnya aku dipertemukan dengan resep bolu tanpa oven dari site http://kompiancur.blogspot.com/2010/03/resep-kue-kue-tanpa-oven.html. Tepatnya, hari selasa 27 Juli 2010, tercatat sebagai hari lahirnya bolu bulat berhias strawberry dari tangan chef amatir ini,hhe. *dibantu sama chef senior- ibuk- dikit sih,hhe.
Jadi, pagi itu sekitar pukul 9 pagi, aku sudah siap dengan mixer (*walau pinjam tetangga, hehe) di tangan kananku, hemm, rasanya sudah 10 tahun aku tidak pegang mixer, seingatku ketika aku masih kecil, aku suka bantu-bantu ibuk kalo ibuk lagi bikin kue-kue unik, rasanya haru bisa kembali bernostalgia dengan masa-masa itu, haru, , , em..ehm, kembali ke kue,

Jadi awalnya, tiga butir telur dimasukkan ke dalam baskom plastik yang berukuran sedang, lalu memasukkan gula 300 gram, setelah itu, dicampur dengan mixer selama setengah jam. *sampe pegel,hehe. Setelah itu, memasukkan pengembang (SP) ke dalam adonan, disusul dengan tepung terigu 300 gram. Mix sampai benar-benar tercampur. Kemudian memasukkan minuman bersoda. Mix lagi sampai terbentuk adonan yang seperti berikut :


Setelah itu, mengambil dua sendok sayur dari adonan tersebut, dan memindahkannya ke dalam mangkuk kecil. Dengan sedih hati, kali ini gunakan pewarna makanan, dikiiiiiiiiiit saja untuk memberi warna merah pada adonan. hiks, *berat hati nih pakai pewarna.

Langkah berikutnya, mulai menuangkan adonan kedalam cetakan yang sudah diberi plastik CupCake terlebih dulu. Masukkan adonan putih sampai mendekati penuh, lalu tutup dengan lapisan merah sesuai selera.

Sementara tadi memanaskan air dalam panci pengukus, setelah sudah mendidih benar air di dalam pengukus, maka adonan siap dimasukkan ke dalam pengukus. tunggu 15 menit, ingat, jangan terlalu sering dibuka.
Setelah 15 menit berlangsung, tak sabar rasanya diri ini melihat hasilnya dan seperti inilah :


Awalnya bingung, ide awal pengen bikin kue berbahan strowberry, tapi resep yang ditemukan malah kue bolu, otakatik bikin kreasi, tak apalah tetap memanfaatkan strawberry maka jadilah CupCake Mahkota Strawberry ala chef yuyun,hehe.

Selamat mencoba resepnya...semoga bermanfaat.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

itu kue bolu gundul namanya hehehe,, kenapa ya kok gak bisa merekah??? rasanya sih lumayan enak,,ntar kapan2 coba lagi yun, browsing aja kenapa bolu kukus tidak merekah...

Posting Komentar